Cari Film Terbaru

Bertemu Ratu Youtube

Akhirnya sampe juga di pelataran parkir Viky Sianipar Music Center. Gw tau, gw pasti terlambat. Entah ini sudah masuk ke session berapa, yang jelas sudah setengah ruangan terisi oleh Gitaris-gitaris yang dengan serius memperhatikan Adrian Adioetomo mampertontonkan skill nya memainkan Dobro atau Resonator Guitar, sejenis gitar yang mungkin masih jarang di temuin di Indonesia. Dari'sepotong' session yg sempat gw ikutin terungkap bahwa Setting-an dobro yang ia dapet dari LA ini sangat berbeda dengan gitar-gitar yang ada. Dobro keluaran tahun 1930-an memang perlu perawatan extra karena kalo sampe rusak, di Indonesia belum ada bengkelnya, nah lho! Adri sendiri rela terbang ke Australia untuk maintenance Dobronya.
Di akhir session, Andri memainkan "Lepaskan Anjingmu". saking asiknya memperhatikan jari-jari Adri yang menari di atas senar dobronya & di selingi hentakan kaki sebagai beat-nya gw sampe lupa menyimak lirik lagu dari albumnya Delta Indonesia. Terus terang, gw yang awam soal gitar jadi lebih fokus ke gimana proses suara dobro itu tercipta, rumit, unik, energic. Sorry gw gak bisa jelasin soal teknis yang di bagi Adri seperti ukuran senar & setting-an gitarnya seperti apa. Karena gw main gitar cuma sebatas genjrang-genjreng doang. Tips Andi untuk temen-temen yang ingin tekun di dunia gitar, yang mungkin masih ragu menjalaninya sebagai profesi utama, silahkan kembali ke hati masing-masing. mau belajar gitar untuk apa? Jadi pencipta lagu? Musisi? atau yang lainnya, silahkan digali lebih dalam lagi sesuai tujuan masing-masing.


Mr. P
Pasti sudah kenal KAPTEN dong, band jebolan Dreamband yang terakhir hits lewat "Malaikat Cinta". Pupun, gitaris Kapten menngisi session berikutnya, masih di pandu oleh Andy Owen. Oya, sebelumnya pengumuman buat fans Kapten, mohon maaf kalo launching album ke-3nya agak telat, karena harus diselingi persiapan married 2 personel Kapten.
Dengan 7 strings-nya Pupun mengawali session-nya dengan bermain solo. Gw gak bisa ngebayangin gimana cara mainnya, 6 senar aja gw sering keteteran mainin kord-nya, gimana kalo sampe 7 senar, boleh gak ya kalo senar ke-7 disimpan aja buat cadangan demi mengurangi resiko keseleo jari?

Tau gak kenapa pupun memilih menekuni 7 strings? Jawabnya simpel, "Biar keren!" yang di sambut dengan gelak tawa. Pupun yang dulu suka membawakan lagu-lagu Korn, memang cukup mencairkan suasana. Ia mampu memberi point of view yang berbeda & lebih sederhana dalam bermusik. Bemodalkan gitar elektrik seharga 250ribuan dengan kondisi senar & grip yang makin lama saling bermusuhan, Pupun belajar secara otodidak soal tapping, pinggering, dengan motipasi kuat dari idolanya stepie pai. So tau kan kenapa gw kasih judul Mr. P? Semua kata yang mengandung huruf F & V, oleh pemain gitar sepen string ini dengan mudah ia konversi menjadi P. Durasi belajarnya pun gak tanggung-tanggung 4 sampai 8 jam/hari untuk melatih berbagai teknik, selama 3 bulan penuh. Hasilnya, di bulan ke-4 Pupun menyabet gelar gitaris terbaik. Setelah menang gimana dengan durasi latihannya? tanya salah satu audience. "Ya sombong dikit, Mulai males-malesan. Juara 1 kan ya!" Dalam belajar Pupun berprinsip 'gak mau ribet' "Ngapain belajar teknik yang susah-susah, ikutin aja yang sudah ada. Seperti yang di ajarkan Om Stepei Pai, he he he...!"
"berarti kita sodara dong?" kata Andy
"Kok gak ada di silsilah keluarga?" Pupun menimpali, "Gak tercatat"
Lagi-lagi Pupun menpertontonkan skillnya dengan di dukung amplifier produk lokal yang mengusung nama CORA. "Saya main hanya yang saya tau aja, seperti ini"
yang di sambut aplaus dari audien. "Masih banyak kok yang lebih jago dari saya. Kalo saya liat Prisa di Yutup, saya juga belum tentu bisa seperti itu" dengan logat sunda yang khas.
Prisa yang duduk di barisan Pengisi acara cuma senyum-senyum malu di sindir seperti itu.
Setelah masuk dreamband Pupun mulai mendapat sponsor khusus untuk beli gitar yang lebih bagus dari........................................................................
keluarga. "Pun, kamu salah kali beli gitar, senarnya kelebihan." kata Ayah Pupun waktu melihat gitar baru anaknya.
Di akhir sesi, Aa Pun menyarankan agak tekun & Ikhlas dalam bermain gitar, (mirip wejangan Aa Gym) "Iya kita harus ikhlas meluangkan waktu untuk belajar gitar sampai berjam-jam. Walaupun kita gak tau nanti bakal jadi apa. Apakah ini nanti bisa menghasilkan uang atau tidak. Kalo gak ikhlas kan susah. Ngapain capek-capek latihan"



Ratu Youtube
Hari sudah semakin sore, tanpa saya sadari ruangan menjadi semakin penuh dengan audien, dan personel Funky Kopral yang tiba-tiba muncul memberi kejutan tersendiri bagi audien.
Selanjutnya, Andy Owen memperkenalkan Prisa sebagai bintang tamu berikutnya.
Hmm...Prisa siapa ya?
"Prisa si ratu Youtube" Owen menambahakan. Jujur, sebenernya temen gw yang nge-fans sama Prisa. Wallpaper di notebook nya selalu muncul Prisa, dia juga sempat men-share file video Prisa waktu tampil bareng di Empat Mata (kalo gak salah) bersama gitaris handal lainnya seperti Dewa Budjana & Tohpati dan video Prisa yang tambil di Inbox yang ia download dari Youtube. Sayang dia gak bisa ikut di acara Guitar for Fun ini.
Prisa, Cemet alias cewek metal ini memang gitaris paling imut yang pernah gw liat. Ngomong-nya aja masih polos & ABG banget. Baru aja menyelesaikan satu lagu melodius, Prisa sudah berpesan "Jangan lupa beli album gw ya, launchingnya bulan depan" PERFORMANCE & APPEARIANCE cukup menjanjikan jadi bintang. soal skill gw gak mau komen terlalu jauh deh, secara bukan bidang gw. Cukup penikmat aja!

Prisa mulai serius belajar gitar waktu masih duduk di bangku SMP, pernah punya Band yang personelnya cewek semua. "Sebenernya sih mainnya biasa aja, cuma karena yang maen semuanya cewek jd lebih heboh aja. Cewek-cewek nge-band" ungkap Prisa. Sebelum menjadi Icon gitaris.com Prisa sempat salah beli gitar yang gak sesuai dengan aliran musiknya. Yang akhirnya ia jual lagi. Kini, sebuah gitar seri Martin berwarna putih yang sedang ia dekap.

sebenernya di akhir session Prisa berjanji akan tampil Nyanyi sambil main gitar, tapi berhubung ada hal mendesak, gw harus 'meninggalkan' Prisa di akhir acara. Selamat tinggal juga buat doorprize handphone flexi, t-shirt Rockmen dan hadiah lainnya yang belum sempat di undi. Sepertinya memang harus gw ikhlasin buat orang lain.
Thanks buat gitarplus.net yang sudah memberi 'pencerahan' soal gitar. Gw bener-bener fun ikutan acara ini. Semoga Guitar for Fun di Bandung (kalo gak salah tanggal 23 Agustus 2008) juga bisa lebih seru!

Lets Jreeeeng together!